Sabtu, 23 September 2017

Pengertian Dan Gejala Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes atau yang biasa orang sebut penyakit gula memang termasuk penyakit yang semakin hari semakin banyak orang yang terjangkit. Sebenarnya seperti apa sih penyakit Diabetes itu? Dan apa saja gejala yang timbul?


Pengertian Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis dengan kadar gula darah ( glukosa ) yang tinggi atau jauh di atas normal. Glukosa sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama bagi otak, sel yang membentuk otot dan jaringan pada tubuh.

Penyakit diabetes lebih rentan terhadap orang dengan usia antara 20 hingga 79 tahun. Yang lebih berbahaya adalah mereka yang tidak menyadari bahwa tubuhnya telah terserang penyakit diabetes. Indonesia merupakan 10 besar negara dengan penderita diabetes.

Maka dari itu, jangan tunggu sampai tubuh terserang diabetes baru cek kadar gula darah. Untuk mengetahui tingkat kadar gula darah dalam tubuh, anda harus rutin melakukan cek.

Baca Juga : Pengertian Penyakit Jantung, Gejala dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Diabetes

Untuk mengetahui sejak dini mengenai penyakit diabetes, sangat penting bagi anda untuk mengenal lebih jauh apa saja gejala-gejala yang menandai bahwa tubuh sedang terserang penyakit diabetes.

Berikut ini tanda-tanda atau gejala tubuh terserang diabetes :
  • Cepat merasa lelah padahal aktifitas tidak terlalu berat.
  • Rasa lapar yang terlalu ekstrem.
  • Berkali-kali merasa haus.
  • Sering buang air kecil, terutama ketika malam hari.
  • Berat badan semakin berkurang, padahal nafsu makan tinggi.
  • Pandangan mata kabur.
  • Saat terdapat luka, proses penyembuhan lebih lama.
  • Sering mengalami infeksi pada gusi, kulit, vagina atau saluran kemih.

Sebagai antisipasi untuk menghindari bertambah parah penyakit diabetes, maka jika anda mengalami gejala-gejala seperti di atas segeralah periksakan ke dokter. Hal ini diharapkan agar mendapatkan penanganan medis jika memang tubuh telah terserang diabetes.

Tipe Penyakit Diabetes

Diabetes dibagi menjadi dua tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2, berikut ini penjelasannya.
  • Diabetes Tipe 1
Seseorang yang terserang diabetes tipe 1 sangat bergantung kepada insulin, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh penderita akan menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya kadar glukosa meningkat drastis sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh.

Penderita diabetes tipe 1 menyerang mereka yang berusia dibawah 40 tahun, lebih sering kepada remaja atau anak-anak. Oleh karena itu diabetes tipe 1 lebih dikenal dengan diabetes anak-anak.

Penanganan yang diberikan bagi diabetes tipe 1 adalah pemberian suntikan insulin rutin setiap hari. Selain itu, penderita juga wajib menjaga kadar glukosa agar tetap seimbang dengan menjalankan pola makan sehat dan rutin menjalani tes darah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Yang Ampuh Tanpa Bekas
  • Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih umum terjadi. Sekitar 90 persen penderita diabetes di dunia mengidap diabetes tipe ini.

Diabetes jenis ini disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh atau sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Kekurangpekaan sel-sel tubuh ini dikenal dengan istilah resistensi terhadap insulin.

Gejala pada penderita diabetes tipe ini biasanya dapat dikendalikan dengan pola makan sehat dan memantau kadar glukosa dalam darah. Tetapi, tetaplah waspada karena penyakit ini akan terus berkembang dalam tubuh dan lambat laun Anda akan membutuhkan langkah pengobatan.

Diabetes tipe 2 sering dihubungkan dengan obesitas. Memang tidak semua orang yang mengidap obesitas akan otomatis menderita diabetes tipe 2. Tetapi, makin tinggi indeks massa tubuh seseorang, maka risiko diabetes tipe ini juga meningkat. Diabetes akibat obesitas umumnya menyerang para manula.

Next
This Is The Current Newest Page


EmoticonEmoticon